Kamis, 09 Juli 2015

TEKNIK IDEAS IN A BOX ( Gantungan Kunci Badak Cula Satu )

TEKNIK IDEAS IN A BOX
(GANTUNGAN KUNCI BADAK CULA SATU)

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Pada Mata Kuliah
“ CREATIVE THINKING “



Disusun Oleh :
Nama : Ilman Supriatman
NIM   : 43140108
Kelas : 43.2A.25

AKADEMI KOMUNIKASI JURUSAN ADVERTISING 2015

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH
Pandeglang adalah salah satu wilayah kabupaten yang terletak di provinsi Banten, tepatnya di ujung barat pulau Jawa. Daerah ini kaya akan lokasi wisata karena letaknya yang berada dipesisir barat yang dikelilingi garis pantai yang panjang, mulai dari arah barat yang berhadapan langsung dengan selat sunda sampai kearah selatan yang berhadapan langsung dengan samudra Hindia. Oleh sebab itu maka tidak heran kalau daerah ini memiliki banyak tempat-tempat wisata yang sangat eksotik, dan menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi.
Selain letak wilayahnya yang strategis, Pandeglang juga memiliki daya tarik wisata tersendiri karena di daerah inilah terdapat salah satu binatang langka yang sangat dilindungi yaitu Badak bercula satu (Badak jawa). Binatang ini resmi dilindungi oleh pemerintah karena jumlah populasinya sedikit dan di Indonesia sendiri hanya terdapat di Provinsi banten tepatnya di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) yang ada di kabupaten Pandeglang. Oleh sebab itu hewan ini dijadikan mascot daerah oleh Pemda setempat dan juga diterapkan pada logo kabupaten Pandeglang.
Oleh sebab itu, disini saya akan mencoba mengaplikasikan binatang yang istimewa itu kedalam sebuah bentuk miniatur untuk merchandise atau souvenir yang berhubungan dengan tugas Ideas In A box pada mata kuliah Creative Thinking yang akan saya buat ini.
BAB II
PEMBAHASAN

A. RANCANGAN PARAMETER IDE
Ideas in a box merupakan cara mencari ide atau gagasan baru melalui aktivitas pengkobinasian parameter-parameter tantangan menjadi ide baru secara otomatis (parameter ini artinya bisa ciri, faktor, variable atau aspek).
SOUVENIR BADAK CULA SATU
JENIS
BAHAN
WARNA
VARIASI UKURAN
Kaos
Logam
Polos
Bervariasi
Lukisan
Plastik
Warna-Warni
Besar (>10cm)
Patung Hiasan
Kayu
Satu Warna
Kecil (<10cm)
Gantungan Kunci
Tanah Lempung
Pernis
Sedang (5-10cm)

B. IDE YANG DIPILIH
1. Jenis Gantungan kunci
2. Bahan Kayu
3. Warna-warni
4. Ukurannya bervariasi

JENIS
BAHAN
WARNA
VARIASI UKURAN
Kaos
Logam
Polos
Bervariasi
Lukisan
Plastik
Warna-Warni
Besar (>10cm)
Patung Hiasan
Kayu
Satu Warna
Kecil (<10cm)
Gantungan Kunci
Tanah Lempung
Pernis
Sedang (5-10cm)
C. URAIAN IDE
Gantungan kunci adalah salah satu bentuk souvenir yang paling sederhana, karena ukuran nya yang relatif kecil sangat mudah untuk dibawa kemana saja. Selain itu, harga nya juga tidak terlalu mahal akan tetapi memili manfaat yang besar. Disisi lain gantungan kunci merupakan media promosi yang paling efektif, karena disitu tertera suatu simbol atau identitas seseorang atau suatu tempat yang akan selalu dibawa kemana saja. Adapun bahan yang akan coba saya buat yaitu dari sebuah kayu, alasannya karena :
1.     Bahan kayu mudah untuk didapat
2.     Harga relatif murah
3.     Proses pengerjaan tidak terlalu susah
4.     Lebih memiliki nilai seni karena dikerjakan secara manual

Sedangkan untuk proses pewarnaan, saya akan mencoba membuat dengan beraneka warna (warna-warni) agar lebih menarik perhatian sekaligus menyesuaikan dengan selera orang yang bermacam-macam. Dan untuk ukuran bentuknya sendiri saya juga akan mencoba membuat ukurannya yang bervariasi tetapi proporsional disesuaikan dengan kebutuhan misalnya untuk :
1.     Gantungan kunci motor
2.     Gantungan Kunci Mobil
3.     Gantungan kunci rumah
4.     Gantungan tas
5.     Dll.



C. VISUALISASI PRODUK

BAB III
PENUTUP

A. KESIMPULAN
Ideas in a box merupakan cara mencari ide atau gagasan baru melalui aktivitas pengkobinasian parameter-parameter tantangan menjadi ide baru secara otomatis (parameter ini artinya bisa ciri, faktor, variable atau aspek). Dan dengan melalui teknik inilah akhirnya saya berhasil menciptakan gagasan baru untuk tugas yang saya terima yaitu membuat karya untuk souvenir dari suatu tempat wisata yang memiliki nilai dari budaya lokal setempat. Adapun hasil karya yang akan saya buat yaitu gantungan kunci dengan bentuk Badak bercula satu yang berasal dari kabupaten Pandeglang.

B. SARAN
ü  Dengan mempelajari teknik Ideas in abox ini, semoga dapat digunakan membantu mempermudah kita dalam memecahkan suatu masalah.
ü  Dapat digunakan sebagai alat untuk menciptakan ide-ide baru yang lebih kreatif lagi dan bisa diaplikasikan didalam kehidupan kita sehari-hari.

ü  Memotivasi kita untuk terus berkarya dengan menciptakan barang yang memiliki nilai kreasi yang tinggi dan bisa bermanfaat untuk orang banyak.

3 komentar:

  1. Halo ka saya mahasiswa bsi tahun 2021, terimakasih atas postingan mengenai tugas ini saya merasa terbantu.

    BalasHapus
  2. terimakasih ka atas pemberitahuanya Thanks you

    BalasHapus