Minggu, 22 Januari 2017

CREATIVE BRIEF (Client : Nasi Goreng Deny)

CREATIVE BRIEF

Client                             : Nasi Goreng Deny
Product Category           : Makanan
Brand                             : Nasi Goreng Ayam
Agency                          : Ilman Supriatman

1. Analisis Situasi 
1.1 Analisis Lingkungan dan Kondisi Pasar
          Dalam era globalisasi seperti sekarang ini , banyak alat teknologi yang semakin mempermudah manusia untuk menjalankan kegiatan sehari-hari, begitu juga dengan hal makanan. Banyak orang yang malas untuk mengolah sendiri bahan makanan untuk dirinya sendiri. Dikarenakan berbagai alasan, seperti bekerja sampai larut malam, tidak bisa memasak, dll. Itu sebabnya diperkotaan seperti DKI Jakarta banyak orang yang membuka peluang usaha dari alasan-alasan tersebut .kebanyakan orang di jakarta seperti pendatang-pendatang dari berbagai daerah, lebih memilih membuka usaha yang menjual makanan sederhana dan murah meriah, kebanyakan juga membuka usaha warung makanan siap saji.contohnya seperti warung Deny , yang beralamatkan di Jl.pulo indah Raya No 61 B, Durikosambi, Cengkareng ini. Warung ini menjual makanan yang sangat familiar , sederhana, dan juga dikenal dan diminati masyarakat indonesia, tidak hanya itu nasi goreng juga menjadi santapan favorit turis mancanegara.warung ini juga tidak hanya menjual nasi goreng saja untuk menunjang usahanya, pemiliknya yaitu bapak Prasetyo, menambahkan menu seperti Kwetiau, Bihun, dan Mi goreng sebagai menu pilihan. Untuk variasinya , seperti kwetiau ,bihun ,dan mi goreng ,konsumen atau pelanggan bisa memilih mau direbus atau digoreng. Namun yang akan kami bahas disini hanya salah satu produknya saja yaitu Nasi goreng.
1.2 Informasi Produk
A. Produk
          Nasi goreng merupakan makanan khas indonesia yang sudah familiar dan dikenal semua orang, selain enak, sehat nasi goreng juga dikenal sebagai makanan yang mudah dalam hal pembuatan. Di Indonesia nasi goreng merupakan makanan pokok untuk sarapan, karena dapat dibuat sendiri, bahan dan bumbunya pun mudah didapat Berikut merupakan bumbu dan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan nasi goreng klien kami  :

1.         Nasi
2.         Minyak goreng
3.         Bawang putih
4.         Garam
5.         Lada bubuk
6.         Kecap asin
7.         Kecap manis
8.         Angciu
9.         Cabe giling/sambal (disini menggunakan cabe giling)
10.      Sayuran
11.      Ayam

B. Harga
Harga yang diberikan oleh warung nasi goreng Deny untuk satu porsi  nasi goreng dipatok harga Rp.11.000.
C. Tempat dan Distribusi
Nasi goreng Deny bertempat di Jl.Pulo Indah Raya 61 B, Durikosambi , Cengkareng, Jakarta Barat.dengan no telp 087888083687.
D. Promosi
Kegiatan promosi yaang dilakukan oleh pemilik warung Nasi goreng Deny antara lain:
1.      Spanduk
Dipasang didepan warung diatas pintu masuk.
2.      Dari mulut ke mulut
Promosi yang dilakukan warung Nasi goreng Deny, selain dari spanduk didepan rumah, juga dari mulut ke mulut. Melalui pelanggan yang diinformasikan ke teman, tetangga atau kerabat terdekat mereka.
1.3 Analisis PEST
A. Politik
Dari segi politik, peraturan pemerintah sangatlah mempengaruhi dan berperan penting terhadap laju pertumbuhan usaha ini, karena bahan baku yang digunakan termasuk kedalam kategori sembako yang harganya di kendalikan oleh pemerintah. Oleh sebab itu, maka untuk penentuan harga jual nasi goreng per porsi pun relatif mengikuti perkembangan harga bahan baku di pasar.

B. Ekonomi
Akhir-akhir ini kondisi perekonomian negara tengah terpuruk karena melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika yang berimbas pada kenaikan harga, khususnya bahan pokok yang diimpor dari luar negeri. Kondisi seperti inilah yang menyebabkan daya beli masyarakat menjadi menurun.
C. Sosial
Dari aspek sosial dapat dilihat kondisi di perkotaan saat ini yang sebagian mayarakatnya adalah pekerja, oleh karena itu mereka cenderung tidak mau repot dalam hal memenuhi kebutuhan pangan nya dan mereka umumnya akan mencari makanan yang siap saji untuk di konsumsi.
D. Teknologi
Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat pada saat ini secara tidak langsung telah merubah pola hidup masyakat kita menjadi lebih manja, oleh sebab itu mereka akan lebih menyukai hal-hal yang sifatnya praktis.
1.4 Data Perbandingan Kompetitor dan Perbedaannya
1.      Perbedaan nasi goreng ini, terletak di tempat pengolahan. Lokasi usaha nasi goreng ini terletak di pinggir jalan, tempat parkir kurang memadai, dan tempat makan juga sederhana, namun disekitar usaha ini adalah perumahan padat penduduk, dan mudah dijangkau orang.
2.      Nasi goreng belakang
Lokasi usaha tersebut dekat dengan jalan juga, memiliki tempat parkir yang luas dan tempat makan yang luas dan nyaman juga.namun, lokasi usahanya kurang strategis , karena berada tepat setelah tikungan gang.
3.      Nasi goreng keliling
Nasi goreng ini tersedia untuk orang yang malas untuk keluar rumah. Nasi goreng ini biasa keliling disekitar perumahan, yang terletak dibelakang usaha nasi goreng Deny. Kelebihan dari nasi goreng ini ialah , selain dia yang mencari konsumen, nasi goreng keliling ini juga biasanya keliling sampai larut malam. Dan bedanya, ia hanya menjual nasi goreng saja, kalau warung nasi goreng Deny menjual makanan lain seperti kwetiau, bihun , dan mi goreng.

1.5 Analisis SWOT
A. Strenght ( Kekuatan ) :
ü  Memiliki rasa yang khas
ü  Lokasi tempat yang strategis karena tepat berada dipinggir jalan
ü  Produk sudah dikenal oleh masyarakat sekitar dan sudah memilki pelanggan yang loyal
  
B. Weekness ( Kelemahan ) :
ü  Tidak tersedianya variasi rasa
ü  Pelayanan kurang cepat karena tidak memiliki pelayan pembantu
ü  Fasilitas kurang memadai, (tempat yang kurang luas sehingga tempat duduk terbatas)

C. Oportunity ( Peluang )
       ü  Jenis produk termasuk kebutuhan pokok
ü  Berada di pemukiman padat penduduk yang sebagian besar adalah pekerja
ü  Belum banyaknya pesaing yang ada di lingkungan sekitar

D. Threat ( Ancaman )
ü  Adanya pesaing baru yang menjual produk yang sama dengan lokasi yang berdekatan
ü  Bahan baku produk ditentukan oleh kondisi pasar, seperti ketersediaan barang dan harga
ü  Kondisi perekonomian nasional saat ini yang masih terpuruk karena melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar, sehingga menurunnya daya beli masyarakat.

2. Tujuan Pemasaran
Meningkatkan penjualan nasi goreng Deny dibanding hari-hari sebelumnya.

3. Advertising Problem
Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaan nasi goreng Deny dikarenakan lokasinya yang agak lebih masuk kedalam dari jalan besar dibanding kompetitor lainnya
  
4. Advertising Objektif
Membangun citra di masyarakat terhadap produk nasi goreng Deny yang hadir di tengah-tengah masyarakat dan memberikan kemudahan serta solusi bagi orang-orang super sibuk atau sedang malas memasak serta menginginkan makanan yang enak, higienis dan terjangkau.
  
5. Target Market ( TM ) / Target Audien ( TA )
a. Demografi   
- Gender                                                    :  Pria/Wanita
- Umur                                                      :  >19 tahun     
- Status                                                      : Menikah dan belum menikah
- Kegiatan                                                 :  Bekerja
b. Geografi                                                    :  Daerah Semanan dan sekitarnya
c. Psychografi                                               : - Menyukai hal-hal yang instan
                                                                        - Tidak mau repot
                                                                        - Pekerja keras
                                                                        - Hobi makan atau penyuka kuliner
d. Behavioral                                                 : - Menghilangkan rasa lapar
                                                                         - Memuaskan selera ( Lidah )

6. Promise and Positioning
Memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat sekitar dengan praktis dan higienis dengan harga yang ekonomis

7. The Support and Reason Why
a. Support
- Pengalaman dari Bapak Deny yang lebih dari 10 tahun dalam berjualan nasi goreng
- Berkarakter sopan dan supel

b. Reason Why
- Lokasi dipinggir jalan
- Tempatnya dan lingkungannya bersih
- Bahan-bahan yang digunakan pilihan dan masih segar
- menggunakan resep khusus

8. Brand Character
“ Makanan yang praktis dan higienis “

9. Big Idea / Thema
“ Nasi goreng Deny, selera puas rasa khas “

10. Tone and Manner
Daya tarik pesan yang digunakan yaitu daya tarik rasional dengan gaya penyampaian pesan menggunakan spanduk yang menampilkan foto produk-produk nasi goreng Deny yang di tata sedemikian rupa sehingga terlihat lezat dan higienis bagi masyarakat yang melintas dan melihat isi pesan tersebut.

11. Mandatory
a. Menampilkan Alamat Nasi goreng Deny
b. Menampilkan nomor telephone
c. Menampilkan jenis foto hidangan





1 komentar: