CREATIVE
BRIEF
Client : Nasi Goreng Deny
Product Category : Makanan
Brand : Nasi Goreng Ayam
Agency : Ilman Supriatman
1.
Analisis Situasi
1.1
Analisis Lingkungan dan Kondisi Pasar
Dalam era globalisasi seperti
sekarang ini , banyak alat teknologi yang semakin mempermudah manusia untuk
menjalankan kegiatan sehari-hari, begitu juga dengan hal makanan. Banyak orang
yang malas untuk mengolah sendiri bahan makanan untuk dirinya sendiri.
Dikarenakan berbagai alasan, seperti bekerja sampai larut malam, tidak bisa
memasak, dll. Itu sebabnya diperkotaan seperti DKI Jakarta banyak orang yang
membuka peluang usaha dari alasan-alasan tersebut .kebanyakan orang di jakarta
seperti pendatang-pendatang dari berbagai daerah, lebih memilih membuka usaha
yang menjual makanan sederhana dan murah meriah, kebanyakan juga membuka usaha
warung makanan siap saji.contohnya seperti warung Deny , yang beralamatkan di
Jl.pulo indah Raya No 61 B, Durikosambi, Cengkareng ini. Warung ini menjual
makanan yang sangat familiar , sederhana, dan juga dikenal dan diminati
masyarakat indonesia, tidak hanya itu nasi goreng juga menjadi santapan favorit
turis mancanegara.warung ini juga tidak hanya menjual nasi goreng saja untuk
menunjang usahanya, pemiliknya yaitu bapak Prasetyo, menambahkan menu seperti
Kwetiau, Bihun, dan Mi goreng sebagai menu pilihan. Untuk variasinya , seperti
kwetiau ,bihun ,dan mi goreng ,konsumen atau pelanggan bisa memilih mau direbus
atau digoreng. Namun yang akan kami bahas disini hanya salah satu produknya saja
yaitu Nasi goreng.
1.2
Informasi Produk
A.
Produk
Nasi goreng merupakan makanan khas indonesia yang sudah familiar dan
dikenal semua orang, selain enak, sehat nasi goreng juga dikenal sebagai
makanan yang mudah dalam hal pembuatan. Di Indonesia nasi goreng merupakan
makanan pokok untuk sarapan, karena dapat dibuat sendiri, bahan dan bumbunya
pun mudah didapat Berikut merupakan bumbu dan bahan yang dibutuhkan dalam
pembuatan nasi goreng klien kami :
1.
Nasi
2.
Minyak goreng
3.
Bawang putih
4.
Garam
5.
Lada bubuk
6.
Kecap asin
7.
Kecap manis
8.
Angciu
9.
Cabe giling/sambal (disini menggunakan
cabe giling)
10. Sayuran
11. Ayam
B.
Harga
Harga
yang diberikan oleh warung nasi goreng Deny untuk satu porsi nasi goreng dipatok harga Rp.11.000.
C.
Tempat dan Distribusi
Nasi
goreng Deny bertempat di Jl.Pulo Indah Raya 61 B, Durikosambi , Cengkareng,
Jakarta Barat.dengan no telp 087888083687.
D.
Promosi
Kegiatan promosi yaang
dilakukan oleh pemilik warung Nasi goreng Deny antara lain:
1. Spanduk
Dipasang didepan warung diatas pintu
masuk.
2. Dari
mulut ke mulut
Promosi yang dilakukan warung Nasi goreng Deny,
selain dari spanduk didepan rumah, juga dari mulut ke mulut. Melalui pelanggan
yang diinformasikan ke teman, tetangga atau kerabat terdekat mereka.
1.3
Analisis PEST
A.
Politik
Dari segi politik, peraturan pemerintah sangatlah
mempengaruhi dan berperan penting terhadap laju pertumbuhan usaha ini, karena
bahan baku yang digunakan termasuk kedalam kategori sembako yang harganya di
kendalikan oleh pemerintah. Oleh sebab itu, maka untuk penentuan harga jual
nasi goreng per porsi pun relatif mengikuti perkembangan harga bahan baku di
pasar.
B.
Ekonomi
Akhir-akhir ini kondisi
perekonomian negara tengah terpuruk karena melemahnya nilai tukar Rupiah
terhadap Dolar Amerika yang berimbas pada kenaikan harga, khususnya bahan pokok
yang diimpor dari luar negeri. Kondisi seperti inilah yang menyebabkan daya
beli masyarakat menjadi menurun.
C.
Sosial
Dari aspek sosial dapat dilihat kondisi di perkotaan
saat ini yang sebagian mayarakatnya adalah pekerja, oleh karena itu mereka
cenderung tidak mau repot dalam hal memenuhi kebutuhan pangan nya dan mereka
umumnya akan mencari makanan yang siap saji untuk di konsumsi.
D.
Teknologi
Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat pada
saat ini secara tidak langsung telah merubah pola hidup masyakat kita menjadi
lebih manja, oleh sebab itu mereka akan lebih menyukai hal-hal yang sifatnya
praktis.
1.4
Data Perbandingan Kompetitor dan Perbedaannya
1. Perbedaan
nasi goreng ini, terletak di tempat pengolahan. Lokasi usaha nasi goreng ini
terletak di pinggir jalan, tempat parkir kurang memadai, dan tempat makan juga
sederhana, namun disekitar usaha ini adalah perumahan padat penduduk, dan mudah
dijangkau orang.
2. Nasi
goreng belakang
Lokasi usaha tersebut dekat dengan jalan
juga, memiliki tempat parkir yang luas dan tempat makan yang luas dan nyaman
juga.namun, lokasi usahanya kurang strategis , karena berada tepat setelah
tikungan gang.
3. Nasi
goreng keliling
Nasi goreng ini tersedia untuk orang yang malas
untuk keluar rumah. Nasi goreng ini biasa keliling disekitar perumahan, yang
terletak dibelakang usaha nasi goreng Deny. Kelebihan dari nasi goreng ini
ialah , selain dia yang mencari konsumen, nasi goreng keliling ini juga
biasanya keliling sampai larut malam. Dan bedanya, ia hanya menjual nasi goreng
saja, kalau warung nasi goreng Deny menjual makanan lain seperti kwetiau, bihun
, dan mi goreng.
1.5
Analisis SWOT
A. Strenght ( Kekuatan ) :
ü Memiliki
rasa yang khas
ü
Lokasi tempat yang strategis karena tepat
berada dipinggir jalan
ü Produk
sudah dikenal oleh masyarakat sekitar dan sudah memilki pelanggan yang loyal
B.
Weekness ( Kelemahan ) :
ü Tidak
tersedianya variasi rasa
ü Pelayanan
kurang cepat karena tidak memiliki pelayan pembantu
ü Fasilitas
kurang memadai, (tempat yang kurang luas sehingga tempat duduk terbatas)
C. Oportunity ( Peluang
)
ü Jenis
produk termasuk kebutuhan pokok
ü Berada
di pemukiman padat penduduk yang sebagian besar adalah pekerja
ü Belum
banyaknya pesaing yang ada di lingkungan sekitar
D. Threat ( Ancaman )
ü Adanya
pesaing baru yang menjual produk yang sama dengan lokasi yang berdekatan
ü Bahan
baku produk ditentukan oleh kondisi pasar, seperti ketersediaan barang dan
harga
ü Kondisi
perekonomian nasional saat ini yang masih terpuruk karena melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar, sehingga menurunnya daya beli masyarakat.
2.
Tujuan Pemasaran
Meningkatkan penjualan nasi goreng Deny
dibanding hari-hari sebelumnya.
3.
Advertising Problem
Masih banyak masyarakat yang belum
mengetahui keberadaan nasi goreng Deny dikarenakan lokasinya yang agak lebih
masuk kedalam dari jalan besar dibanding kompetitor lainnya
4.
Advertising Objektif
Membangun citra di masyarakat terhadap
produk nasi goreng Deny yang hadir di tengah-tengah masyarakat dan memberikan
kemudahan serta solusi bagi orang-orang super sibuk atau sedang malas memasak
serta menginginkan makanan yang enak, higienis dan terjangkau.
5.
Target Market ( TM ) / Target Audien ( TA )
a. Demografi
- Gender : Pria/Wanita
- Umur : >19 tahun
- Status
: Menikah dan belum menikah
- Kegiatan : Bekerja
b. Geografi : Daerah Semanan dan sekitarnya
c. Psychografi :
- Menyukai hal-hal yang instan
- Tidak mau repot
- Pekerja keras
- Hobi makan atau penyuka kuliner
d. Behavioral : - Menghilangkan rasa
lapar
- Memuaskan selera ( Lidah )
6.
Promise and Positioning
Memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat
sekitar dengan praktis dan higienis dengan harga yang ekonomis
7.
The Support and Reason Why
a. Support
- Pengalaman dari Bapak Deny yang lebih
dari 10 tahun dalam berjualan nasi goreng
- Berkarakter sopan dan supel
b. Reason Why
- Lokasi dipinggir jalan
- Tempatnya dan lingkungannya bersih
- Bahan-bahan yang digunakan pilihan dan
masih segar
- menggunakan resep khusus
8.
Brand Character
“ Makanan yang praktis dan higienis “
9.
Big Idea / Thema
“ Nasi goreng Deny, selera puas rasa
khas “
10.
Tone and Manner
Daya tarik pesan yang digunakan yaitu daya tarik
rasional dengan gaya penyampaian pesan menggunakan spanduk yang menampilkan
foto produk-produk nasi goreng Deny yang di tata sedemikian rupa sehingga
terlihat lezat dan higienis bagi masyarakat yang melintas dan melihat isi pesan
tersebut.
11.
Mandatory
a.
Menampilkan Alamat Nasi goreng Deny
b.
Menampilkan nomor telephone
c.
Menampilkan jenis foto hidangan
terimakasih Kak atas ilmunya, sangat menarik...
BalasHapusAplikasi Kasir Restoran Android